Awalia, Rusba (2021) Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
17.1100.091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses budaya dalam meningkatkan harkat dan martabat manusia yang berlangsung seumur hidup. Pendidikan Islam harus dipadukan dengan sesuatu yang tradisional dan modern sesuai perkembangan zaman, Gus Dur merupakan salah satu tokoh perkembangan intelektual yang membentuk pendidikan Islam klasik dan pendidikan Barat Modern. Gur Dur berupaya memadukan kedua pendidikan tersebut, yaitu pendidikan Islam klasik dengan pendidikan Barat modern, tanpa melupakan melupakan esensi ajaran Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka, di mana penulis menjadikan pemikiran pendidikan Islam K.H. Abdurrahman Wahid sebagai sumber dari penelitian ini. Penelitian ini membahas mengenai konsep pendidikan Islam dalam pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid dengan mengumpulkan data-data melalui hasil bacaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis content. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam menurut Gus Dur lahir dari pemikiran Pluralisme dan Humanismenya, kedua pemikiran tersebut relevan dengan tujuan pendidikan Islam. Terdapat tiga tujuan pendidikan Islam dalam perspektif Gus Dur yaitu pendidikan Islam berbasis modernisme, pendidikan Islam berbasis pembebasan dan pendidikan Islam berbasis kebhinekaan. Selain itu metode pendidikan Islam menurut Gus Dur menggunakan empat strategi, yaitu strategi sosio-politik, kultural, sosio-kultural, pedagogis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, islam, K.H. Abdurrahman Wahid |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:08 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:08 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3659 |
Actions (login required)
View Item |