Nengsi, Nisma (2021) Analisis Perubahan Kurikulum dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan. Hal ini dikarenakan sangat berkaitan erat dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Kurikulum menyangkut suatu rencana dan pelaksanaan pendidikan baik dilingkup kelas, sekolah, daerah wilayah maupun nasional. Perubahan terhadap kurikulum pendidikan diindonesia merupakan upaya lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey (lapangan) dengan pendekatan kualitatif dengan mengeksploitas data dilapangan dengan metode analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran tentang analisis perubahan kurikulum dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang berupa data-data yang ada di sekolah baik itu data berupa dokumen, foto foto, daan lain-lain. Dalam penelitian ini, dilakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitian, Buku yang berkaitan dengan penelitian ataupun karya ilmiah berupa skripsi yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum disusun dengan mengembangkan dan memperkuat sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang. Penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran yang dapat memberi pengaruh terhadap perubahan prestasi peserta didik. Dengan adanya perubahan kurikulum pendidikan yang dalam penerapanyya telah di sesuaikan atau di seimbangkan dengan keadaan sekolah tersebut sangat penting untuk pencapaian keberhasilan pembelajaran dan pembentukan kompetensi siswa dimana dilaksanakan oleh guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sarana dan fasilitas pendidikan yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Perubahan Kurikulum dan Prestasi Siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:05
Last Modified: 22 Jun 2022 07:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item