Bahar, Fatimah (2021) Pengaruh Metode Cerita dan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VI di MI DDI Palirang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.1100.041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa regresi berganda bahwa (1) gambaran metode cerita, tidak terdapat pengaruh yang signifikan metode cerita terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran akidah akhlak variabel metode cerita dengan nilai Sig. metode cerita (X1) adalah sebesar 0.503 (p>0.05) maka dari itu hipotesis ditolak, (2) gambaran penerapan metode ceramah terhadap hasil belajar peserta didik bahwa output metode variabel metode ceramah (X2) menujukkan nilai Sig. sebesar 0.024 (p< 0.05) maka dari itu hipotesis diterima, (3) gambaran hasil belajar peserta didik yang memperoleh nilai tertinggi yaitu 92 sebanyak dua peserta didik, yang mendapatkan nilai minimum atau terendah sebanyak 1 peserta didik dengan nilai 70, rata-rata nilai peserta didik adalah 81, (4) pengaruh kedua variabel metode cerita dan metode ceramah diperoleh nilai Sig. sebesar 0.072 (p>0.05) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak, artinya metode cerita (X1) dan metode ceramah (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y) peserta didik. Selanjutnya nilai F hitung sebesar 3.093, karena nilai F hitung 3.093 < F tabel 3.55, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak atau dengan kata lain metode cerita (X1) dan metode ceramah (X2) secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VI di MI DDI Palirang (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita, Metode Ceramah, Hasil Belajar.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:29
Last Modified: 22 Jun 2022 05:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item View Item