Hardilawaty, Hardilawaty (2020) Analisis Kesalahan Makhrijul Huruf dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada pembelajaran BTQ Kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Huruf hijaiyah merupakan huruf yang digunakan untuk mengeja dan membaca al-Qur’an. Langkah awal yang harus dilakukan untuk memahami pesan-pesan yang terkandung di dalam al-Qur’an adalah dengan membacanya. Skripsi ini berjudul Analisis Kesalahan Makhrijul Huruf dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada pembelajaran BTQ Kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Pinrang dilatar belakangi oleh pentingnya memperhatikan penyebutan huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhrijul hurufnya agar tidak merubah makna/arti pada saat membaca al-Qur’an. Analisis yang dimaksud di sini adalah analisis yang sengaja dibuat untuk mencari kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik yang sedang mempelajari bahasa asing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif agar peneliti bisa menjelaskan kesalahan-kesalaan yang dilakukan oleh peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Adapun langkah-langkahnya adalah pengumpulan sampel, pengidentifikasian kesalahan yang terdapat dalam sampel, penjelasan kesalahan, pengklasifikasian kesalahan itu berdasarkan penyebabnya, dan pengevaluasian atau penilaian taraf keseriusan kesalahan itu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Pinrang berada pada kategori tinggi. Disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari peserta didik untuk lebih sering latihan dalam mempelajari makhraj huruf hijaiyah. Kesalahan penyebutan makhrjul huruf yang terendah adalah rongga mulut (al-Jauf) yaitu sebanyak 3 kesalahan dari 351 dengan frekuensi 0,85%, dua bibir (asy-Syafatain) yaitu sebanyak 21 kesalahan dari 351 dengan frekuensi 5,98%, tenggorokan (al-Halq) yaitu sebanyak 51 dari 351 kesalahan dengan frekuensi 14,52% dan rongga hidung (al-Khaisyium) yaitu sebanyak 63 dari 351 kesalahnan dengan fekuensi 17,94%. Adapun yang termasuk pada kategori tinggi adalah lidah (al-Lisan) yaitu sebanyak 215 dari 351 kesalahan dengan frekuensi 71,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, makhrijul huruf
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 May 2022 03:20
Last Modified: 24 May 2022 03:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item