Jusmariah, Jusmariah (2020) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Al-Qur’an-Hadist Peserta Didik Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Motivasi sangat besar peranannya pada peserta didik. Karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik yang diketahui bahwa peserta didik kurang mempunyai minat di dalam belajar Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadist merupakan salah satu mata pelajaran wajib di tingkat Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Pinrang, untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan interview/wawancara. Adapun analisis datanya menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh motivasi belajar berada pada kategori baik dengan angka persentase yaitu 84%. (2) prestasi belajar peserta didik termasuk kategori tinggi dengan angka persentase yaitu 86.36%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MAN Pinrang. Hal ini tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan secara manual thitung = 1.374 > ttabel = 1.999 dan nilai R Square atau r2 diperoleh 0.178. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh motivasi belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 17.8%. sedangkan 82.2% prestasi belajar peserta didik MAN Pinrang Kecamatn Paleteang Kabupaten Pinrang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:30
Last Modified: 14 Apr 2022 05:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item