Rusli, Andi Risal (2022) Jasa Endorsment di Instagram Tinjauan Etika Bisnis Islam di Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text]
Preview
Text (Full Text)
17 2400.044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Instagram merupakan aplikasi yang dapat menjadi ruang komunikasi yang memiliki fungsi mempermudah setiap kegiatan ekspose, menerima dan berbagi gambar maupun video.Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan strategi pemasaran salah satunya adalah endorsment biasanya didasarkan pada daya tarik baik fisik, memiliki kreadibilitas, kepribadiaan yang sesuai dengan produk yang didukung dan faktor pendukung lainnya. Namun dalam kegiatan endorsment sering kali ditemukan ketidaksesuaiaan apa yang dipromosikan pihak endorsment dengan apa yang dterima konsumen, maka dengan banyaknya alasan yang mendasari sehingga peneliti memilih judul Jasa Endorsment di instagram berdasarkan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakanjenispenelitian deskriptif kualitatif dalam teknik mengumpulkan data melaluiobservasi, intervew, dan dokumentasi.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer data yang diperoleh langsung dari hasil wawancara, data sekunder data yang diperoleh dari sumber buku, jurnal, laporan tahunan dan dokumen lain yang berhubungan dengan masalah penelitian.Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaituuji kreadibiltasdengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi endorse mencakup tiga pihak, yaitu pelaku usaha sebagai pengguna jasa endorsment, selebgram atau influencer sebagai toko utama yang menarik konsumen, sasaran pengguna instagram aktif sehingga nantinya dimungkinkan menjaadi konsumen. Faktor utama yang menjadi landasan menyewa endorse melihat followers dan juga citra mereka di instagram dengan bentuk pembuktian melihat akun pihak endors, Pandangan etika bisnis Islam terhadap endorsement di Instagram dalam praktiknya diperbolehkan apabila sesuai dengan kaidah-kaidah Islamiyah seorang endorse.Pihak endorsebagai pelaku usaha juga harus menjujung tinggi etika bisnis seperti yang telah di rangkai peneliti: kejujuran, tanggung jawab, maslahah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Endorsment, Etika Bisnis.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nurindah Sari
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:51
Last Modified: 06 Apr 2022 06:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item