Fitriani, Fitriani (2021) Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru Kab. Majene. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IV SD. Negeri 2 Kampung Baru Kab. Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Powtoon dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SD. Negeri 2 Kampung Baru Kab. Majene. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/ siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat aktivitas tersebut pada setiap siklus. Data tentang hasil belajar peserta didik diperoleh melalui tes tertulis yang kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil evaluasi belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media Powtoon. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas guru pada siklus I sebesar 61,17% (cukup) meningkat 25,88% pada siklus II menjadi 87,05% (baik) dan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 61,53% (cukup) meningkat 21,54% pada siklus II menjadi 83,07% (baik). Dari 3 aspek penilaian yang diamati kolaborator pada aktivitas guru siklus I, ketiga aspek dinilai rata-rata masih rendah yaitu aspek pendahuluan, kegiatan inti, penutup memasuki pada siklus II dinilai rata-rata sudah mencapai kategori baik. Sedangkan, dari 4 aspek aktivitas peserta didik siklus I, keempat aspek dinilai rata-rata masih rendah yaitu aspek keaktifan peserta didik, perhatian kesiapan peserta didik menerima pelajaran, kedisiplinan dan penugasan memasuki pada siklus II dinilai rata-rata sudah mencapai kategori baik. Adanya peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan rata-rata setiap siklusnya. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata yaitu 57,89 (14,28%) meningkatkan menjadi 66,96 (46,24%) di siklus I kemudian meningkat menjadi 80,35 (100%) di siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Powtoon dapat meningkatkan hasil belajar PAI Peserta Didik Kelas IV SD. Negeri 2 Kampung Baru Kab. Majene.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, powtoon, hasil, belajar, pendidikan agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Mar 2022 08:19
Last Modified: 02 Mar 2022 08:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item