Jaya, Hapsar (2018) Analisis etika bisnis Islam terhadap strategi pemasaran produk roti mantao (studi Toko Sinar Terang Parepare). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.101.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Islam menghalalkan jual beli yang termasuk juga bisnis. Namun tentu saja orang yang menjalankan bisnis secara Islam, harus menggunakan tatanan atau aturan main bagaimana seharusnya seorang muslim berusaha dalam dunia bisnis agar mendapatkan berkah dari Allah SWT di dunia maupun di akhirat. Dalam pandangan Islam bisnis bukan hanya tentang mencari keuntungan, namun keberkahan. Berbisnis tidak diperkenankan melanggar syariat Islam. Ketentuan syariat baik dalam modal, strategi, proses, maupun praktek dan seterusnya. Islam memiliki perangkat syari’at yaitu norma agama dalam segala aspek kehidupan termasuk dalam usaha dan bisnis. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai Bagaimana strategi pemasaran Toko Sinar Terang dalam memproduk Roti Mantao di Parepare jika di analisis dari Etika Bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi Toko Sinar Terang Kota Parepare dalam memproduk, menentukan pemasaran dan mempromosikan Roti Mantou. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan dalam kancah yang sebenarnya. Adapun lokasi penelitian yang dipilih penulis yaitu bertempat bertempat di Toko Sinar Terang Parepare. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Sinar Terang menggunakan strategi pemasaran Bauran Pemasaran (Marketing Mix), yaitu Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Tempat, Strategi Promosi. Strategi pemasaran pada produk ditunjukan dengan adanya produk unggulan yaitu Produk Roti Mantao. Penetapan harga yang menyesuaikan dengan kemampuan daya beli masyarakat Parepare. Tipe strategi distribusi yang digunakan oleh Toko Sinar Terang adalah strategi distribusi langsung. Sementara, strategi promosi yang dilakukan adalah promosi dari mulut ke mulut konsumen yang datang ke toko untuk berbelanja. Menurut Etika Bisnis Islam dengan hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa Strategi Pemasaran Produk Roti Mantao Toko Sinar Terang Parepare adalah sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip Etika Bisnis Islam yaitu Adl, dan Takaful.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:26
Last Modified: 22 Aug 2019 17:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item