Muchtar, Marissa (2021) Strategi Pemasaran Ninja Xpress dalam Mempertahankan Eksistensi di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
17.2400.061 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
17.2400.061 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
17.2400.061 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
17.2400.061 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
17.2400.061 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
17.2400.061 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
17.2400.061 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran adalah tiang bagi suatu perusahaan. Sebagai perusahaan jasa pengiriman barang yang hadir setelah beberapa jasa pengiriman barang seperti PT. Pos, J&T dan JNE, Ninja Xpress tentunya mempunyai strategi pemasaran tersendiri untuk mempertahankan eksistensinya di Kota Parepare. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui manajemen pemasaran pada perusahaan jasa pengiriman barang Ninja Xpress, (2) untuk mengetahui manajemen pemasaran Ninja Xpress dalam mempertahankan eksistensi di Kota Parepare ditinjau dalam analisis ekonomi Islam. Metode penelitian pada penelitian ini merujuk pada pedoman penulisan karya ilmiah IAIN Parepare. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berupaya mendiskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan fakta-fakta yang ditemukan melalui observasi, wawancara dan mempelajari dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan mencari data yang bersumber dari Ninja Express khususnya pada bagian pemasaran serta menganalisis dan menjabarkan proses pemasaran Ninja Xpress dan menilai kesesuaiannya menurut persepktif ekonomi Islam. Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan sekunder. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi pada data yang diperoleh mengenai strategi pemasaran Ninja Xpress dalam mempertahankan eksistensi di Kota Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ninja Xpress memiliki 2 jenis layanan, yaitu layanan someday &sunday. Ninja Xpress juga memiliki strategi khusus untuk mempertahankan eksistensi yaitu memberikan pelayanan express tanpa harus memilih layanan tersebut dan (2) prinsip-prinsip etika Islam yang digunakan untuk meninjau strategi pemasaran Ninja Xpress berdasarkan dari segi ketauhidan, pelayanan Ninja Xpress belum sesuai dengan prinsip etika Islam tetapi dari segi kejujuran, amanah, keadilan dan istiqamah pelayanan Ninja Xpress sudah sesuai dengan prinsip etika Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Ninja Xpress, Pemasaran.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nurindah Sari
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:44
Last Modified: 07 Feb 2022 03:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3088

Actions (login required)

View Item View Item