Nurdiana, Yana (2021) Penanaman Nilai-nilai Karakter Oleh Guru dalam Proses Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di SDN 114 Leppangang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai pendidikan karakter adalah sikap dan perilaku yang didasarkan pada norma dan nilai yang berlaku di masyarakat, yang mencakup aspek spiritual, aspek personal/kepribadian, aspek sosial dan aspek lingkungan. Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran online mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang ditanamkan pendidik dan bagaimana penerapannya untuk menilai karakter peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik.Data primet dengan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Data sekunder diperoleh dengan cara pengamatan dan wawancara langsung. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa nilai karakter yang ditanamkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran online adalah nilai religius contohnya memberi salam, melaksanakan sholat 5 waktu, nilai jujur contohnya seperti tidak mengerjakan tugas dirumah, nilai disiplin tepat waktu memasuki kelas online, dan nilai tanggung jawab, contohnya seperti mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAI, Pembelajaran Online,Pendidikan Karakter
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:34
Last Modified: 10 Jan 2022 03:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item