Arsyad, Sri Wahyuni (2020) Penerapan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Ketaatan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah pada MTs DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas dua variabel yaitu metode Pembelajaran Akidah Akhlak dan Ketaatan Tata Tertib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan: pembelajaran AqidahAkhlak di MTs DDI Kanang kelas VIII. Ketaatan siswa terhadap tatatertibsekolah di MTs DDI Kanang kelas VIII.Penerapan pembelajaran AqidahAkhlak di MTs DDI Kanang dalam meningkatkan ketaatan pada tata tertib sekolah. Penelitian menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis.Dimana peneliti dapat menggambarkan atau menguraikan data data yang diperoleh berdasarkan kenyataan Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Untuk memperoleh data yaitu Penerapan Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan wawancara Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknikteknik analisis induktif, deduktif dan komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Ketaatan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah Pada Mts DDI KanangadalahGuru dalam mendidik peserta didik dengan perhatian adalah mengikuti perkembangan anak dan mengawasinya dalam pembentukan akidah, akhlak, mental, dan sosialya. Dengan terusmengecek keadaanya dalam pendidikan fisik danintelektualnya, memberikan motivasi dalam diri peserta didik terhadap sikap disiplin atau adanya libih taat dengan aturan ketika seorang guru mempu memperlihatkan dirinya sebagai tauladan yang baik terkait dengan tata tertib atau kedisiplinan.1.Pembelajaran akidah akhlak di MTs DDI Kanang terlaksana dengan efektif dan efisien, peserta didik merasa senang dan nyaman belajar karena metode dan strategi yang digunakan guru. 2. Ketaatan peserta didik terhadap tata tertib dapat meningkat ketika adanya motivasi berupa pemberian pujian. 3. Guru berhasil menerapkan pembelajaran Akidah akhlak di MTs DDI Kanang sebab ketaatan tata tertib peserta didik meningkat dengan menggunkan metode atau strategi pembelajaran yang menyenangkan dan menggembirakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Ketaatan Tata tertib
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:04
Last Modified: 10 Jan 2022 03:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item