Bakri, Bakri (2021) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Penguasaan Materi PAI pada SMA Negeri 3 Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Penguasaan Materi PAI pada SMA Negeri 3 Pinrang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, desain yang digunakan Quasi Experimental Design digunakan bentuk Pretest-posttes Control Group Design dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random, kemudian diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, populasi dalam penelitian ini sebanyak 8 kelas dengan jumlah 254 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan teknik non probability sampling yaitu sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 peserta didik yang terdiri dari 29 peserta didik kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas kontrol, instrumen yang digunakan adalah observasi daftar ceklis, dan tes penguasaan materi PAI yang terdiri dari 20 item tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) implementasi media audio visual pertama, menyiapkan semua media dan peralatan yang akan digunakan, kedua, menjelaskan tujuan yang akan dicapai, ketiga, menjelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran, keempat, menghindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian atau konsentrasi, dan ketenangan peserta didik. (2) berdasarkan hasil pre-tes dan post-tes pada kelsa eksperimen dan kelas kontrol, pre-tes kelas eksperimen memperoleh nilai 52 sampai dengan 74, sedangkan pre-tes kelas kontrol memperoleh nilai 39 sampai dengan 69, setelah diberi perlakuan post-tes kelas eksperimen memperoleh nilai 80 sampai dengan 90, post-tes kelas kontrol memperoleh nilai 65 sampai dengan 73, terjadi peningkatan antara kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual/video pembelajaran dan kelas kontrol menggunakan media papan tulis dan ceramah. (3) berdasarkan hasil pre-tes dan post-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol terjadi peningkatan yang baik. Hasil uji t-tes implementasi media audio visual terdapat 10 orang masuk pada kategori sedang, 19 orang berada pada kategori baik, saat penelitian dilakukan belum ada yang masuk pada kategori sangat baik, dan nilai rata-ratanya 84.93 dari 29 data. signifikansi (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05. Hasil tes awal dan tes akhir mengalami perubahan yang signifikan. berdasarkan statistik deskriptif tes awal dan tes akhir terbukti tes akhir lebih tinggi, yang berarti ada peningkatan dari implementasi media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan penguasaan materi PAI pada SMA Negeri 3 Pinrang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, audio visual/video pembelajaran, penguasaan materi PAI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:49
Last Modified: 28 Dec 2021 08:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item