Hamrika, Hamrika (2021) Pengaruh Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.154 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.154 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.154 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.154 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.154 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.154 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.154 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan pengelolaan kelas adalah keterampilan guru Pendidikan Agama Islam untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar atau salah satu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau membantu dengan maksud agar tercapainya kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar mengajar yang diharapkan. Keaktifan belajar adalah suatu proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan sedemikian rupa agar menciptakan peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain ex post facto. Adapun sampel penelitian sebanyak 72 peserta didik dari 258 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare termasuk kategori sangat tinggi yaitu 80,44% dengan nilai sig = 0,000 ˂ 0,05, maka H0 ditolak. Keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare termasuk kategori tinggi yaitu 77,03% dengan nilai sig = 0,000 ˂ 0,05, maka H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Y = 34,156 + 0,581X, koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,539 dan diketahui nilai R Square sebesar 0,291. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas (X) terhadap keaktifan belajar peserta didik (Y) sebesar 29,1%, sedangkan 70,9% keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas, Keaktifan Belajar Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Oct 2021 09:30
Last Modified: 25 Oct 2021 09:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2718

Actions (login required)

View Item View Item