Saepudin, Saepudin and Dahlan, Muh. and Herawaty, Hasmiah and Ahdar, Ahdar and Palintan, A.Tien and Munawir, Munawir and Sudirman, Sudirman and Yusuf, Muhammad and Buhaerah, Buhaerah and Ramli, Nurleli (2021) Panduan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring dan Luring Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Tahun 2021. Fakultas Tarbiyah, Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
Panduan PPL Tarbiyah 2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya kegiatan PPL merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan di luar kampus dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang semakin maju, serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang dipelajari di kampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat. Secara umum kegiatan PPL mencakup pelaksanaan tugas-tugas kependidikan termasuk praktik mengajar dan praktik persekolahan sesuai kondisi yang ada di lapangan. Secara khusus PPL dirancang untuk membekali mahasiswa dalam pelaksanaan tugas-tugas kependidikan yang meliputi perancangan pembelajaran, pengembangan media dan sumber belajar, serta perancangan evaluasi pembelajaran. Bagi mahasiswa, kegiatan PPL haruslah dilaksanakan sebagai pemahaman belajar yang baru dan tidak akan pernah diperoleh di dalam kampus. PPL berisikan program-program yang menekankan pada aspek pengalaman belajar dengan mereflesikan pengetahuan teoritik yang disinergikan dengan pengalaman di lapangan serta diharapkan mampu meningkatkan kepribadian mahasiswa dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:49
Last Modified: 14 Jan 2022 06:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2713

Actions (login required)

View Item View Item