Anwar, Fatmawati (2021) Relevansi Pendidikan Sistem Among Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.076 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.076 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.076 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.076 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.076 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.076 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.076 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan saat ini tidak terlepas dari peran tokoh sebagai aktor utama. Salah satu tokoh besar itu adalah Ki Hajar Dewantara. Di antara banyaknya pendidikan Ki Hajar Dewantara dan masih eksis hingga saat ini yaitu pendidikan sistem among, namun masyarakat Indonesia masih belum memahami arti dari sistem among sendiri. Sistem among merupakan sistem yang berdasarkan asih, asah, dan asuh dan sesuai dengan budaya Indoensia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (librarary research). Dalam pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku, laporan penelitian, jurnal, skripsi, tesis dan lain sebagainya yang terkait dengan topik penelitian. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam sistem among orientasi pendidikan adalah peserta didik atau student centered, dan pendidik memahami peserta didik, pengalaman, kemampuan, dan prestasinya dalam mengajar dan membentuk kompetensi peserta didik. (2) dari ketiga prinsip sistem among, ketiganya memiliki kesesuaian dengan pendidikan Islam dimana Ing Ngarso Sung Tuladha yaitu pendidik, pendidik sebagai suri tauladan bagi anak didiknya hal ini selaras dengan anjuran untuk megikuti nabi Muhammad SAW. sebagai suri tauladan umat Islam, Ing Madya Mangun Karsa, yaitu pendidik memotivasi anak didik agar lebih baik dalam melakukan sesuatu dan Tut Wuri Handayani yakni pendidik memberikan kebebasan kepada anak didiknya unntuk bertumbuh sesuai kodrat alam mereka dan ini sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah ayat 256 yang berisi kebebasan dalam beragama dan tidak ada paksaan. (3) sistem among Ki Hajar Dewantara dengan pendidikan Islam memiliki persamaan dan perbedaan. Adapun aspek yang memiliki hubungan yaitu, dari pengertian, tujuan, pendidik, peserta didik, dan metode. Sedangkan aspek yang berbeda yaitu pada kurikulum dimana sistem among berlandaskan asas pancadarma sedangkan pendidikan Islam berlandaskan Al-Quran dan Hadis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Sistem Among, Pendidikan Islam, Ki Hajar Dewantara
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:35
Last Modified: 18 Oct 2021 01:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item