Yuspawati, Yuspawati (2019) Efektivitas Pelaksanaan Full Day School dalam Proses Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik kelas XI di SMKN 3 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan nasional yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Maka dibutuhkan pendidikan yang berkualitas untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional maka beberapa sekolah menerapkan sistem pelaksanaanfull day school, utamanya di SMKN 3 Pinrang. Tujuan pendidikan nasional tidak akan tercapai apabila pelaksaan full day school di sekolah tidak efektif utamanya dalam proses belajar pembelajaran pendidikan agama Islam. Hal demikianlah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti efektivitas pelaksanaanfull day school dalam proses belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI di SMKN 3 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Efektivitas Pelaksanaan Full Day School Dalam Proses Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI di SMKN 3 Pinrang”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu deskriptif kualitatif dalam pengumpulan data dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu, Data Reduction (Reduksi Data), Data Display(penyajian data), Conclusion Drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pelaksanaan full day school di SMKN 3 Pinrang berjalan dengan baik, karena dilihat dari sarana dan prasarana yang sangat menunjang pelaksanaan full daya school,para guru, siswa, dan staf merespon positif dengan dilaksanakannya full day school di SMKN 3 Pinrang, selain itu para orang tua dari siswa itu sendiri juga merespon dengan baik. (2) Proses belajar pendidikan agama Islam selama diterapkannya full day school di SMKN 3 Pinrang cukup efektif, namun terkadang masi ada kekurangan, tantangan, kendala, maupun penghambat berjalannya proses belajar mengajar di kelas. (3) Efektivitas pelaksanaan full day school dalam proses belajar pendidikan agama Islam di SMKN 3 Pinrang telah berjalan dengan baik karena adanya faktor pendukung diterapkannya full day school yaitu sarana dan prasarana yang menunjang, seperti ada mushallah, pespustakaan, kantin dan sebagainya, selain itu dengan diterapkannya ful day school proses belajar di kelas lebih santai dan proses belajar selalu diselingi dengan bermain atau istirahat agar siswa dan guru yang melaksanakan proses belajar tidak merasa bosan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Full Day School, Proses Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:09
Last Modified: 04 Oct 2021 01:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item