Nurkholis, Sultan Buana (2021) Implementasi Metode Contextual Teaching And Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Sidenreng Rappang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0211.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang implementasi metode Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi, kendal-kendala, usaha-usaha menanggulangi kendala dan dampak implementasi metode Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Sidenreng Rappang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma naturalistis. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang diwawancara adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Sidenreng Rappang sudah menggunakan 7 komponen CTL yaitu : Konstruktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian sebenarnya. (2) Kendala-kendalanya adalah: kurang aktifnya peserta didik, membutuhkan waktu yang lama, peserta didik tidak percaya diri, peserta didik kurang mandiri, dana kurang memadai untuk menghadirkan live model, guru terkadang lupa melakukan refleksi, banyaknya aspek yang harus dinilai dalam penilaian kurikulum 2013, penilaian dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran, guru merasa terbebani karena harus menjumlahkan setiap nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan lalu mendeskripsikan nilai yang didapat tersebut. (3) Usaha-usaha untuk mengatasi kendala-kendala yaitu: memotivasi dengan melibatkan peserta didik yang aktif, perencanaan inquiri yang matang dan baik, memotivasi peserta didik yang tidak percaya diri bertanya dan menjawab, mengelompokkan peserta didik secara heterogen sesuai dengan tingkat kemampuannya, memanfaatkan kreatifitas peserta didik dalam menghadirkan model, mengatur waktu dengan baik dalam setiap komponen CTL, Menggunakan instrumen penilaian kurikulum 2013 dan guru PAI berdiskusi dengan teman sejawat. (4) Dampaknya yaitu: Menumbuhkan minat peserta didik dalam pembelajaran PAI, menumbuhkan sifat kritis pada peserta didik, menumbuhkan rasa ingin tahu pada peserta didik, menumbuhkan sifat kerjasama antar peserta didik, peserta didik berfikir kreatif, peserta didik lebih komunikatif, peserta didik lebih berperan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Ctl, Contextual Teaching And Learning, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:58
Last Modified: 22 Sep 2021 03:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item