Hildayani, Nur Erma (2021) Pengaruh Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.145 Sampul dan Abstark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.145 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.145 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.145 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.145 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.145 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.145 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan metakognitif sangat erat kaitannya dengan pemecahan masalah dalam pembelajaran. Jika setiap kegiatan belajar dilakukan dengan mengacu pada keterampilan metakognitif maka kemampuan dalam pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik yang optimal niscaya akan mudah dicapai. Dalam proses terebut peserta didik seharusnya memonitoring dan mengecek kembali apa yang telah dikerjakannya. Apabila keputusan yang diambil tidak tepat, maka peserta didik seharusnya mencoba alternatif lain atau membuat suatu pertimbangan. Proses menyadari adanya kesalahan, memonitor hasil belajar serta mencari alternatif lain merupakan beberapa aspek-aspek keterampilan metakognitif yang diperlukan dalam penyelesaian masalah dalam pembelajaran. Keterampilan metakognitif memungkinkan peserta didik untuk melakukan perencanaan, mengikuti perkembangan, dan memantau proses dalam belajarnya. Peserta diidk yang memiliki keterampilan metakognitif yang baik akan menunjukkan prestasi belajar yang baik pula dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kemampuan metakognitif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Parepare. Jenis Penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain ex post facto. Adapun sampel penelitian sebanyak 157 peserta didik dari 261 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterampilan metakognitif peserta didik SMP Negeri 3 Parepare termasuk kategori sedang yaitu 0,7463 atau 74,63% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. 2) Hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik SMP Negeri 3 Parepare termasuk kategori tinggi yaitu 0,8643 atau 86,43% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik SMP Negeri 3 Parepare. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Ŷ = 20,090 + 0,808X, koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,845 dan diketahui nilai R Square sebesar 0,714. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh keterampilan metakognitif (X) terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik (Y) sebesar 71,4%, sedangkan 28,6% hasil belajar peserta didik SMP Negeri 3 Parepare dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Apr 2021 08:01
Last Modified: 23 Apr 2021 08:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item