Amir, Supiana (2020) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui evaluasi diharapkan pendidik dapat memperoleh gambaran secara utuh tentang prestasi dan kemajuan proses serta hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik dan penelitian ini terfokus pada mata pelajaran PAI. Evaluasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMAN 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus karena penelitian ini berusaha mendapatkan dan memahami segala hal yang dialami oleh subjek penelitian secara intensif dan terperinci, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMAN 2 Parepare sudah cukup baik. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan melihat dari pembelajaran PAI dan pelaksanan evaluasi pembelajaran PAI itu sendiri. Dimana pembelajaran PAI di SMAN 2 Parepare sudah berlangsung dengan baik karena dalam proses belajar mengajar PAI pendidik memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran yang ada diantaranya prinsip kesiapan, prinsip motivasi, dan prinsip perhatian. Dalam memenuhi prinsip-prinsip tersebut pendidik memiliki cara dan metodenya masing-masing. Di samping itu pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMAN 2 Parepare sudah berlangsung dengan cukup baik karena dalam melaksanakan evaluasi pendidik menggunakan tes objektif dan tes subjektif. Pendidik menyiapkan kisi-kisi sebelum melaksanakan evaluasi kepada peserta didik. Pendidik melakukan pengukuran dan penilaian pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI dan Evaluasi Pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 16 Apr 2021 01:51
Last Modified: 16 Apr 2021 01:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item