Siska, Siska (2020) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Kelas IX.2 Peserta Didik SMP Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Contextual Teaching & Learning merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis. Dengan demikian peserta didik dapat menemukan sendiri pengetahuannya, sikap, dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning untuk meningkatkan minat belajar PAI kelas IX.2 Peserta didik SMP Negeri 7 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, PTK dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan langkah-langkah yang dirangkum dalam bentuk siklus, tingkatan atau daur yang memungkinkan terjadinya kerja kelompok maupun kerja mandiri secara intensif. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Setiap aksi kemungkinan terdiri dari beberapa langkah terealisasi, yang teralisasi dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penerapan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) untuk meningkatkan minat belajar PAI kelas IX.2 SMP Negeri 7 Pinrang. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IX.2 SMP Negeri 7 Pinrang berjumlah 21 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dari awal pra-siklus yaitu 3,8 kemudian diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) melalui siklus I, meningkat menjadi 4,7 dan lanjutkan pada siklus II, meningkat menjadi dengan yaitu 6,4 dan dilanjutkan pada siklus III peningkatan sangat signifikan 7,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching & learning dapat meningkatkan minat belajar PAI kelas IX.2 peserta didik SMP Negeri 7 Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 05 Mar 2021 08:42
Last Modified: 05 Mar 2021 08:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item