Salma, Salma (2020) Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Meningkatkan Kemampuan Menjali Relasi Pertemanan pada Siswa di MTs. Al-Mustaqim Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
15.3200.074 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
15.3200.074 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
15.3200.074 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
15.3200.074 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
15.3200.074 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
15.3200.074 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.3200.074 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bimbingan pribadi-sosial dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa dan bagaimana kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa di MTs Al-Mustaqim kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa induktif, artinya data yang diperoleh di lapangan secara khusus kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat umum. Hasil penelitian yang didapatkan yakni bimbingan pribadi-sosial dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan menggunakan metode langsung yang di mana dalam metode ini ada teknik bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Kedua teknik bimbingan tersebut berperan penting dalam pemahaman dan penerimaan diri secara objektif yang bisa membantu meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa karena bimbingan ini dilakukan secara tatap muka atau face to face sehinggah guru pembimbing bisa selalu mengevaluasi sampai dimana siswa mampu mengatasi permasalahan yang sedang dialami. Dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan memiliki 4 tahapan yaitu 1) tahapan paling awal yakni pengenalan, 2) tahapan kedua pertukaran efektif (keterbukaan diri), 3) tahap ketiga teman akrab, dan 4) tahap akhir depenetrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi-Sosial, Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:45
Last Modified: 24 Feb 2021 01:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item