Lathifu, Sunny (2019) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik di SMP Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan spiritual membantu seseorang untuk menemukan makna hidup dan kebahagiaan. Karena itu kecerdasan spiritual dianggap sebagai kecerdasan yang paling penting dalam kehidupan. Kebahagaian dan menemukan makna kehidupan merupakan tujuan utama setiap orang. Kecerdasan seseorang dapat ditunjukkan dalam tingkah lakunya sehari-hari. Guru PAI di SMP Negeri 3 Parepare menggunakan strategi langsung dan strategi interaktif dengan metode ceramah dan metode demontrasi, di mana guru PAI telah melakukan beberapa strategi yang dilakukan oleh seorang guru seperti mengelola kelas, membimbing, memotivasi serta mengevaluasi peserta didiknya, tinggal bagaimana pengaplikasian dari peserta didik dari apa yang telah di terima dari gurunya untuk menanamkan kecerdasan spiritual. Dengan menggunakan strategi langsung guru melakukan metode demonstrasi dalam proses pendidikan dan pengajaran digunakan untuk menggambarkan tata cara solat. Dengan mendemonstrasikan akan lebih dipahami oleh peserta didik, sehingga peserta didik mampu melaksanakan sebagaimana yang telah dicontohkan dan memudahkan guru dalam menyajikan pelajaran dan peserta didik lebih mudah memahami dari materi yang didemonstrasikan, terutama tentang materi yang memerlukan perhatian tentang suatu gerakan agar peserta didik dapat melaksanakan dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru, Kecerdasan Spritual dan Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Sep 2020 00:14
Last Modified: 30 Sep 2020 00:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item