Sutra, Rika (2019) Pentingnya Pemahaman Mandi Wajib Bagi Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti pentingnya pemahaman mandi wajib bagi peserta didik kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan tentang bagaimana pemahaman mandi wajib peserta didik dan upaya pendidik dalam meberikan pemahaman madi wajib kepada peserta didik. Dalam penelitian ini berfokus pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang dan juga berfokus pada guru pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman tentang mandi wajib peserta didik kelas XI di SMK Negeri 4 Pinrang dan untuk mengetahui upaya pendidik dalam memberikan pemahaman tentang mandi wajib kepada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 4 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berusaha menuturkan pemecahan masalah atau menggunakan kata-kata yang menggambarkan data-data sesuai dengan kenyataan yang ada. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan penserta didik kelas XI dan pendidik di SMK Negeri 4 Pinrang serta pengumpulan dokumen dari staf sekolah yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal pemahaman terkhususnya pada mandi wajib, peserta didik memiliki pemahaman yang berbeda-beda tetapi mereka dapat memahami dengan cara mereka sendiri. Ada yang memahami dari cara pendidik menjelaskan ada juga yang dapat memahami dari metode yang pendidik gunakan bahkan ada juga peserta didik yang mengingat kembali tentang mandi wajib yang sebelumnya pernah dipelajari. Mengenai pemahaman mandi wajib peserta didik, tidak luput dari upaya pendidik dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan menggunakan metode-metode yang efektif dan tidak membosankan sehingga peserta didik dapat memahami apa yang pendidik ajarkan kepada mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Mandi Wajb, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2020 00:16
Last Modified: 23 Sep 2020 00:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item