Setiawan M, Taufan Tri (2020) Implementasi Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Taqwa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.1100.087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Metode quantum learning merupakan istilah quantum adalah interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Dalam pembelajaran quantum diyakini adanya keberagaman dan indeterminisme. Salah satu konsep dasar dan metode ini adalah belajar itu harus mengasyikkan dan berlangsung dalam suasana gembira, sehingga pintu masuk untuk informasi baru lebih besar dan terekam dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan metode quantum learning di kelas VII MTs DDI Taqwa. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quantum leaning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan mengunnkan model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi, serta teknik analisi kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode quantum learning dapat meningkatkan aktivitas belajar fiqih peserta didik di kelas VII MTs DDI Taqwa Parepare. Hal ini dilihat dari indikator peserta didik pada pra siklus sampai siklus terakhir. Adapun nilai rata-rata dari aktivitas belajar peserta didik yaitu: pra siklus nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebanyak 27% siklus I nilai rata-rata aktvitas belajar peserta didik meningkat sebesar 46% siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik lebih meningkat lagi sebesar 61% dan terakhir nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebesar 77% dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang telah ditentukan. Dengan demikian, metode quantum learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode quantum learning, fiqih, dan aktivitas belajar peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Sep 2020 00:43
Last Modified: 04 Sep 2020 00:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item