Ramadhan, Tasman (2018) Penerapan Metode Everyone is a Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas XI MIA 1 di MAN 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here merupakan kegiatan pembelajaran yang meliputi pemberian materi, pembagian kertas kosong, pembuatan soal, pemberian pertanyaan-pertanyaan dan penyampaian argument yang dilakukan oleh peserta didik. Everyone is a Teacher Here berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Proses pelaksanaan penelitian ini dilakukan disebabkan karena adanya proses belajar mengajar yang masih kurang efektif. Selain itu, peran serta peserta didik masih kurang dimaksimalkan. Hal tersebut berdampak pada kurangnya minat, semangat, keaktifan serta hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menerapkan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here kelas XI MIA 1 MAN 2 Parepare. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan, serta teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dari siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan hingga mencapai peningkatan yang signifikan. Hal ini dilihat dari taraf signifikan lebih dari 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MIA 1 MAN 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, hasil belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:46
Last Modified: 15 Jun 2020 03:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item