Fatimah, Fatimah (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Memilih Tabungan Mudharabah (Studi Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2300.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk–bentuk pelayanan di BRI Syariah KCP Pinrang dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Pinrang khususnya sebagai nasabah tabungan mudharabah. Sampel penelitian ini adalah beberapa nasabah tabungan mudharabah dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan:1) Bentuk-bentuk pelayanan BRI Syariah KCP Pinrang sudah sesuai teori pelayanan prima yakni; Kecepatan, Keramahan; Ketetapan, Kenyamanan, yang ada di BRI Syariah KCP Pinrang. 2) Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi linear sederhana sebesar Y = 32,180 + 0,016X. Karena koefisien regresi bernilai positif (0,016) maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah memilih tabungan mudharabah (Y). Sedangkan berdasarkan hasil uji t, di peroleh nilai thitung sebesar 10,643 > ttabel sebesar 1,667, maka berdasarkan hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah di Bank BRI Syariah KCP Pinrang. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ho ditrima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil dari rumus koefisien korelasi di peroleh r sebesar 0,409. Tabel nilai interprestai r menunjukkan bahwa antara variabel kualitas pelayanan dan keputusan memilih tabungan mudharabah bernilai kuat atau tinggi artinya tidak terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara kualitas pelayanan dengan keputusan nasabah memilih tabungan mudharabah.Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 58,3%, hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 58,3% terhadap keputusan memilih tabungan mudharabah di BRI Syariah KCP Pinrang dan 41,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Mudharabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Jun 2020 06:30
Last Modified: 09 Jun 2020 06:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item View Item