Prayogi, Hari (2018) Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kemampuan Peserta Didik Memahami Materi Ajar studi di Kelas VIII SMP Negeri 9 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai tenaga pendidik profesional memegang peranan terpenting terlaksananya proses pembelajaran yang kondusif seorang guru yang profesional harus memiliki pengetahuan. Namun, walaupun seorang guru memiliki pengetahuan yang baik tanpa ditopang kompetensi pedagogik akan berdampak pada pencapaian tujuan yang tentunya akan berpengaruh pada pemahaman peserta didik. Atas dasar itu guru harus memiliki kompetensi pedagogik yang memadai agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui korelasi kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap kemampuan peserta didik memahami materi ajar. Jenis penelitian ini adalah assosiatif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 156 responden dari 256 populasi kelas VIII. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, angket dan tes uraian dengan teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam sama dengan atau paling rendah 70 %. (2) kemampuan peserta didik memahami materi ajar sama dengan atau paling rendah 70% . (3) Terdapat korelasi kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap kemampuan peserta didik memahami materi ajar. Dengan perolehan nilai rhitung = 0,38 > rtabel =0,157 pada taraf signifikan 5 % serta berdasarkan uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi rendah antara korelasi kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap kemampuan peserta didik memahami materi ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru,Kompetensi Pedagogik, Pemahaman Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:46
Last Modified: 03 Jun 2020 03:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1313

Actions (login required)

View Item View Item