Nuriyani, Nuriyani (2018) Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas IX MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas adalah suatu keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mendayagunakan potensi kelas, menciptakan, mengatur dan memelihara kondisi belajar agar tetap optimal dan menyenangkan serta mengembalikan ke kondisi yang optimal jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam adalah suatu dorongan dari dalam maupun dari luar diri peserta didik yang dapat menggerakkannya untuk lebih giat dalam melakukan kegiatan belajar Sejarah Kebudayaan Islam agar tercapai tujuan yang diinginkan yang ditandai dengan perubahan tingkah laku baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IX MTs YMPI Rappang. Jenis penelitian ini adalah field research dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas di kelas IX MTs YMPI Rappang termasuk kategori baik dengan angka persentasi yaitu 77.4%. (2) Motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik termasuk kategori baik dengan angka persentasi yaitu 85.4%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IX MTs YMPI Rappang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan secara manual thitung = 9.406 > ttabel = 1.998 dan nilai R Square atau r2 diperoleh 0.593. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh pengelolaan kelas (X) terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayan Islam peserta didik (Y) sebesar 59.3%, sedangkan 40.7 % motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs YMPI Rappang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 28 May 2020 09:36
Last Modified: 28 May 2020 09:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item