Burhan, Asmi (2019) Pemahaman Beragama Terhadap Pelaksanaan Shalat Wajib Lima Waktu Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman agama adalah pemahaman agama yang sangat penting dilaksanakan dalam diri manusia agar dapat mencapai tingkat yang sempurna dalam melaksanakan ibadah kepada Allah swt, hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman melalui proses pendidikan. Kewajiban shalat lima waktu adalah kewajiban Islam yang paling utama sesudah mengucapkan dua kalimat syahadat. Shalat merupakan pembeda antara orang muslim dan non muslim. Disyari’atkan dalam rangka mensyukuri nikmat Allah swt yang sangat banyak dan mempunyai manfaat yang bersifat religius (keagamaan) serta mengandung unsur pendidikan terhadap umat muslim, dengan shalat hubungan hamba dengan Allah menjadi kuat dan shalat tidak dapat digantikan dengan ibadah lainnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemahaman beragama terhadap pelaksanaan shalat wajib lima waktu peserta didik kelas kelas VIII MTs Negeri Parepare. Jenis penelitian ini adalah field research dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman beragama di kelas VIII MTs Negeri Parepare termasuk dalam kategori baik dengan angka persentasi yaitu 75.1%. (2) Pelaksanaan shalat wajib lima waktu peserta didik termasuk dalam kategori sedang dengan angka persentasi yaitu 72.8%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pemahaman beragama terhadap pelaksanaan shalat wajib lima waktu peserta didik kelas VIII MTs Negeri Parepare. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan secara manual thitung = 4.092 > ttabel = 1.999 dan nilai R Square atau r2 diperoleh 0.221. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh pemahaman beragama (X) terhadap pelaksanaan shalat wajib lima waktu peserta didik (Y) sebesar 22.1%, sedangkan 77.9% pelaksanaan shalat wajib lima waktu peserta didik di MTs Negeri Parepare dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Beragama, Pelaksanaan Shalat Wajib Lima Waktu
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 26 May 2020 08:23
Last Modified: 26 May 2020 08:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item