Magfirah, Irma (2019) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Peserta Didik di SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu disiplin belajar. Perbedaan disiplin belajar masing-masing peserta didik memunculkan prestasi belajar yang berbeda-beda pula, seperti halnya disiplin belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) disiplin belajar peserta didik, (2) prestasi belajar PAI peserta didik, (3) pengaruh kedisiplinan belajar peserta didik. Penerapan metode dengan membagikan angket adalah salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan menyiapkan peserta didik agar meiliki hubungan sosial yang baik. Karena peserta didik bekerja berindividu untuk menjawab pertanyaan yang dilampirkan diangket yang dibagikan kepada peserta didik, secara tulisan untuk mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kedisiplinan belajar berdasarkan nilai sig (2-tailed) diperoleh dari baris One Sample Test kolom ke-2, yaitu t = 0.000. Karena nilai sig (2-tailed) = 0.000 < α = 0.05 H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar berpengaruh signifikan atau positif terhadap prestasi belajar PAI peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang dari yang ditetapkan. (2) Prestasi belajar PAI peserta didik berdasarkan nilai sig (2-tailed) diperoleh dari baris One Sample Test kolom ke-2, yaitu t = 0.000. Karena nilai sig (2-tailed) = 0.000 < α = 0.05 H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar berpengaruh signifikan atau positif terhadap prestasi belajar PAI peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang dari yang ditetapkan. (3) terdapat pengaruh signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar PAI peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang, hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi = 0.014 < 0.05, maka H0 ditolak artinya regresi X atas Y adalah signifikan atau kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar PAI peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar PAI Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 May 2020 09:21
Last Modified: 19 May 2020 09:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item