Noviyanti, Noviyanti (2018) Penerapan Metode Kisah dalam Pembelajaran PAI Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia I SMK Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penerapan Metode kisah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan kegiatan yang meliputi pemberian kisah kepada peserta didik, baik itu kisah-kisah nabi atau kisah-kisah inspiratif yang di tampilkan melalui video. Pemberian kisah selalu berlandaskan dengan sumber hukum Islam, yakni Al-Qur’an dan hadits. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan agama Islam dengan menerapkan metode kisah kelas XI multimedia 1 SMK Negeri 1 Parepare. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah minat belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kisah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing 2 kali pertemuan, tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dilakukan melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data, serta teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yang mencapai nilai diatas nilai rata-rata sebesar 8,6. Dalam penjabarannya pada siklus I nilai rata-rata peserta didik sebesar 6,4, kemudian siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 8,6. Peningkatan minat belajar peserta didik terjadi setelah diterapkannya metode kisah pada pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Kisah, minat belajar, pembelajaran pendidikan agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 May 2020 03:05
Last Modified: 11 May 2020 03:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item