Zaenal, Andi (2018) Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) As’adiyah 272 Palippu. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku peserta didik. Pembelajaran aqidah akhlak merupakan memberikan arahan atau bimbingan kepada peserta didik dengan merujuk kepada nilai-nilai dan ajaran-ajaran agama islam agar peserta didik memiliki tingkah laku yang baik dan terus-menerus melekat pada dirinya. Perilaku peserta didik merupakan tingkah laku seseorang yang tergambar dari perbuatannya yang nyata dan merupakan wujud dari kepribadian yang dimiliki oleh seseorang, baik itu dari dalam maupun dari luar dirinya. Sehingga pembelajaran aqidah akhlak mimiliki tujuan untuk membentuk dan membina perilaku peserta didik yang beriman kepada Allah dan melaksanakan perintahnya sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dan desain penelitiannya correlation research. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive yakni menggunakan kriteria khusus terhadap sampel yang berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisi datanya menggunakan teknik statistis desktriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 2.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran aqidah akhlak MI As’adiyah 272 Palippu yang dibuktikan menganalisis angket yang berjumlah 40 responden berada pada kategori sangat tinggi yaitu. 93.60%. (2) perilaku peserta didik yang dibuktikan dari analisis tes yang berjumlah 40 responden berada pada kategori tinggi yaitu 87.00%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) As’adiyah 272 Palippu. Hal ini diketahui dari hasil analisis person corelattionnya sebesar 0.743 atau 74.30% dan berada pada tingkat hubungan yang kuat yakni pada tingkat hubungan 0.743–0.799.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran aqidah akhlak, perilaku peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 May 2020 08:54
Last Modified: 04 May 2020 08:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item