Amrah, Nurhikmah (2018) Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran Berbusana Muslimah Peserta Didik di SMP Negeri 4 Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pelaksana dalam proses pendidikan Islam dituntut untuk memiliki kepribadian yang bisa dijadikan teladan bagi peserta didik. Salah satu yang dianggap penting dalam hal ini adalah membina cara berbusana peserta didik terutama bagi peserta didik perempuan. Berbusana muslimah merupakan hal yang dipandang penting dalam Islam, dan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh tiap perempuan. Jadi, guru PAI hendaknya mengajarkan peserta didik mengenai pentingnya menggunakan busana muslimah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hal tersebut kurang efektif jika hanya berupa penyampaian lisan secara terus menerus tanpa dibarengi contoh langsung dari guru Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, keteladanan guru Pendidikan Agama Islam diharapkan bisa berperan dalam meningkatkan kesadaran berbusana muslimah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kesadaran berbusana muslimah peserta didik di SMP Negeri 4 Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan dalam mengumpulkan data terkait kedua variabel dalam penelitian ini menggunakan angket. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi linear sederhana yang diolah menggunakan program SPSS 21 for Windows. Setelah penulis melakukan analisis data, penulis mendapatkan hasil penelitian antara lain: (1) tingkat keteladanan guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Panca Rijang dengan nilai 86,1% berada pada kategori sangat kuat atau sangat tinggi. Indikator yang memperoleh nilai paling tinggi adalah indikator bersikap adil dengan nilai 94%; (2) tingkat kesadaran berbusana muslimah peserta didik di SMP Negeri 4 Panca Rijang dengan nilai 82,01% berada pada kategori sangat kuat atau sangat tinggi, Indikator memperoleh nilai paling tinggi adalah indikator menutupi seluruh badan selain bagian yang dikecualikan dan indikator tidak dijadikan perhiasan dengan nilai 93%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keteladanan guru Pendidikan Agama Islam dengan kesadaran berbusana muslimah peserta didik di SMP Negeri 4 Panca Rijang, yang ditunjukkan dengan nilai rhitung (0,452) > rtabel (0,268), berada pada kategori tingkat hubungan sedang; (4) keteladanan guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh positif terhadap kesadaran berbusana muslimah peserta didik di SMP Negeri 4 Panca Rijang, yang ditunjukkan dengan Fhitung (13,381) > Ftabel (4,03), dan kontribusi keteladanan guru pendidikan agama Islam terhadap kesadaran berbusana muslimah peserta didik adalah sebesar 20,5%, sedangkan sisanya 79,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Berbusana Muslimah Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Apr 2020 22:27
Last Modified: 30 Apr 2020 22:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item