Nirwana, Nirwana (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Nilai dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam UPTD SMP Negeri 2 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0211.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimant dan instrumen pengumpulan data digunakan observasi, pree tes/post tes dan dokumentasi.Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji t. Peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui model pembelajaran nilai sangat membantu dalam peningkatan pembelajaran peserta didik. Model pembelajaran nilai merupakan sebuah singkatan dari narasi peristiwa, identifikasi masalah, literasi norma, afiksasi kesadaran dan internalisasi nilai. Belajar dengan menggunakan model ini bertujuan untuk melibatkan peserta didik dalam pembelajaran dengan mengindentifikasi masalah setelah menceritakan kejadian atau peristiwa. Nilai dapat melatih mental peserta didik dengan mengeluarkan pendapat dan memperbaiki bacaan al-quran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran nilai dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam UPTD SMP Negeri 2 Parepare. Penggunaan model pembelajaran nilai menunjukkan bahwa model pembelajaran nilai dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh berdasarkan hasil pengamatan selama penelitian dilakukan di UPTD SMP Negeri 2 Parepare yaitu 20,90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan model pembelajaran nilai dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel di mana t hitung = 2,44 sedangkan t tabel = 0.683. Dengan t hitung≥t tabel maka hipotesis dapat diterima dan ini berarti penggunaan model pembealajaran nilai dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam UPTD SMP Negeri 2 Parepare.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Nilai, Hasil Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Apr 2020 03:05
Last Modified: 27 Apr 2020 03:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item