Asiah, Nur (2020) Efektivitas Penggunaan Media Komik Pada Materi Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.0211.050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Efektivitas Media Komik Pada Materi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Empat Sekolah Dasar Islam Terpadu Parepare.Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didikSekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Parepare melalui penggunaan media komik dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Parepare.Instrumen utama dalam penelitian ini adalah test yang didukung oleh instrumen format dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 37 orang.Sedangkan sampel berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan 17 orang lagi sebagai kelompok kontrol.Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mediakomikefektif dalam meningkatkan kemampuan membacapeserta didik peserta didikSekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Parepare.hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis menunjukkan bahwa t tabel lebih kecil dengan t hitung, maka Ha diterima yaitu (0,740 > 0,05). Dengan demikian hipotersis yang telah diajukan terbukti, yaitu penerapanmediakomikpada materi Perilaku Terpuji dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajarpeserta didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Parepare. Implikasi dari penelitian ini adalahmedia pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kemampuan membacapeserta didik, karena itu disarankan kepada para pendidik untuk dapat memilih media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.dan pendidik diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran interaktif komikdengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada pada materi Perilaku Terpuji. Karena media pembelajaran interaktif komik dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan mampu memancing kembali ingatan peserta didik saat tes akhir berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media,komik,pendekatan saintifik, pembelajaran Pendidikan Agama Islam,dan kemampuan membaca
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 13 Apr 2020 07:53
Last Modified: 13 Apr 2020 07:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item