Azisah, Nur (2020) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah BMT Al-Birry di Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2300.119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan dalam hal ini keandalan, responsivitas, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan keandalan, responsivitas, jaminan, empati dan wujud terhadap kepuasan nasabah. Sekaligus untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner (angket) dan metode yang digunakan pada pengujian analisis data adalah regresi linear berganda, uji t, uji F, Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil pengujian uji F simultan (bersama-sama) menunjukkan bahwa variabel keandalan, responsivitas, jaminan, empati dan bukti fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan Fhitung 20,574 > Ftabel 2,31. Hasil pengujian uji T menunjukkan variabel keandalan dan empati mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan keandalan (X1) sebesar 0,039 < 0,05 dan nilai t hitung 2,096 > t tabel 1,990 dan empati (X4) sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3,392 > t tabel 1,990. Sedangkan variabel responsivitas, jaminan dan bukti fisik tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan Responsivitas (X2) sebesar 0,113 > 0,05 dan nilai t hitung 1,603 < t tabel 1,990, Jaminan (X3) sebesar 0,347 > 0,05 dan nilai t hitung 0,869 < t tabel 1,990 dan Bukti Fisik (X5) sebesar 0,199 < 0,05 dan nilai t hitung 1,295 > t tabel 1,990. Pada pengujian regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y= 0,188X1 + 0,126X2 + 0,070X3 + 0,328X4 + 0,133X5 yang menunjukkan bahwa variabel dominan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah BMT Al-Birry adalah variabel keandalan dengan nilai koefisien 0,188X1 dan empati (X4) dengan nilai koefisien 0,328.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas, layanan, kepuasan dan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Apr 2020 07:49
Last Modified: 01 Apr 2020 07:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item