Amalia, Febriani (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam tentan Perilaku Passomel di Mattiro bulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2200.127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Etika bisnis Islam merupakan dasar dalam berbisnis bagi setiap muslim yang bekerja pada ruang lingkup bisnis. Baik atau buruknya suatu bisnis tergantung oleh pihak yang menjalankan bisnis itu sendiri, perilaku berupa pengetahuan, sikap, praktik dan tindakannya terhadap pelanggan. Dalam etika bisnis terdapat prinsip-prinsip yang harus dipatuhi oleh setiap pelaku usaha dalam menjalankan usahanya agar manfaat dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku Passomel di Mattiro bulu dalam hal pengetahuan, sikap, praktik atau tindakan terhadap pealnggan menurut etika bisnis Islam. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui field research, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian bertempatdi Kecamatan Mattiro bulu Kabupaten Pinrang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perilaku Passomel terhadap pelanggan di Mattiro bulu Kabupaten Pinrang. Dari hal Pengetahuan Passomel tentang etika bisnis Islam masih sangat rendah sehingga dalam menjalankan usahanya tidak mengetahui prinsip-prinsip etika bisnis Islam dengan baik, hal itu karena tingkat pendidikan yang di tempuh juga kebanyakan masih rendah. Sekalipun pengetahuan Passomel rendah tapi dalam menjalankan usahanya tetap sejalan dengan etika bisnis Islam. Sikap Passomel ketika ada pelanggan yang memesan suatu produk yaitu bersikap dengan baik, sopan santun, dan ramah kepada setiap pelanggan yang ingin memesan produk. Passomel selalu memberikan pelayanan sesuai dengan harapan yang di inginkan oleh setiap pelanggan atau konsumen sehingga pelanggan merasa puas terhadap jasa yang diberikan serta dalam tindakannya Passomel mengutamakan mutu serta kualitas atas segala produk yang dihasilkan agar meminimalisir ketidakpuasan terhadap pelanggan.2) Analisis etika bisnis Islam tentang perilaku Passomel dapat diketahui bahwa, perilaku Passomel di Mattiro bulu Kabupaten Pinrang ada yang sesuai dan ada juga yang tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Prinsip etika bisnis Islam yang diterapkan yaitu mengutamakan kepuasaan pelanggan dan mutu dari pelayanan yang diberikan. Sedangkan prinsip etika bisnis Islam yang tidak sesuai dengan melakukan riba dan ketika memberikan informasi masih melebih-lebihkan atau melakukan sumpah palsu hal tersebut hanya akan memberikan kerugian kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pengetahuan, sikap dan praktik, Etika Bisnis Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 20 Mar 2020 00:24
Last Modified: 20 Mar 2020 00:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item