Hanafie Das, St. Wardah and Halik, Abdul (2017) Pencapaian Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Dirah, Parepare. ISBN 978-602-60577-6-1

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
BUKU LESSON STUDY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (26MB) | Preview

Abstract

Buku ini mengupas tentang kondisi kompetensi guru khususnya pada sekolah dasar negeri di Kota Parepare, yang menjadi pemicu dan legitimasi urgensi pelaksanaan penelitian ini. Kajian yang kedua adalah bentuk-bentuk peningkatan kompetensi guru yang dilakukan beberapa instans, yaitu Kemendiknas Kota Parepare, Gugus dan KKG Kota Parepare, PGRI dan IGI Kota Parepare, USAID Kota Parepare. selanjutnya dibahas bagaimana model dan tahapan pelaksanaan lesson study yang melibatkan guru, sehingga dapat memotivasi dalam peningkatan kompetensi guru. Peningkatan kualitas guru yang terefleksikan ke dalam empat kompetensi utama yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian sejatinya dapat dikembangkan melalui lesson study. Kesadaran dan partisipasi guru terhadap program lesson study yang menjadi penentu meningkatnya kualitas seorang guru. Kualitas guru menjadi prasyarat efektivitas dan kondusifitas program pembelajaran yang menjadi indikator mutu pendidikan di sekolah. Mutu pendidikan di sekolah berimplikasi kepada kualitas luaran dalam berkompetisi pada arena kehidupannya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, lesson study, kualitas, pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:17
Last Modified: 06 Feb 2020 04:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item