Patty, Haerun and Halik, Abdul (2017) Implementasi Manajemen Pengendalian Mutu Bidang Bimbingan Peserta Didik: Studi Kasus pada MAN 1 Parepare. Research Report. P3M STAIN, Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
LAPORAN PENELITIAN STAIN PAREPARE 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (831kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan manajemen pengendalian mutu bimbingan peserta didik di MAN 1 Parepare, dengan harapan dapat membangun kesadaran pengelola institusi MAN tentang urgensi manajemen pengendalian mutu bidang bimbingan peserta didik, meminimalisir hambatan pelaksanaannya di MAN 1 Parepare, kemudian menformulasikan konsep aplikatif pelaksanaan manajemen pengendalian, dan mengembangkan format implementasi manajemen pengendalian mutu bidang bimbingan peserta didik pada MAN 1 Parepare yang dapat menjadi rujukan bagi institusi pendidikan lainnya. Target jangka panjang yang dilahirkan penelitian ini adalah melahirkan sistem manajemen pengendalian mutu di MAN, kemudian dapat dijadikan rujukan bagi kepala sekolah dan pendidik, sekaligur membantu pemerintah mengimplementasikan sistem pengendalian mutu di MAN pada bidang bimbingan peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Objek yang diteliti adalah MAN 1 Parepare. Tahapan penelitian dengan observasi, penyusunan instrument penelitian, pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumen, triangulasi, dan focus group discussion. Tahapan kegiatan penelitian di lapangan dimulai dengan studi penjaminan mutu di sekolah,analisis komponen pendukung, telaah pengendalian mutu di sekolah, dan penyusunan konsep pengendalian mutu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatori, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi kata; penyajian data; penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling peserta didik di MAN 1 Parepare belum berjalan. Hambatan pelaksanaan manajemen bimbingan konseling peserta didik di MAN 1 Parepare, yaitu: sumber daya yang terbatas, fasilitas gedung yang belum terpenuhi, peserta didik yang memiliki kapasitas keilmuan yang terbatas, anggaran bimbingan dan konseling peserta didik yang jauh dari cukup, dukungan stakeholder eksternal yang sangat terbatas, dan partisipasi masyarakat dan orang tua peserta didik yang tidak maksimal. Implementasi manajemen pengendalian mutu bidang bimbingan konseling peserta didik di MAN 1 Parepare sangat penting. Kepala MAN 1 Parepare urgen membangun political will dan mind set pendidik agar berpikir maju dan berdedikasi dalam memajukan madrasah. Pihak MAN 1 Parepare penting menyusun baku mutu yang meliputi standar mutu, prosedur mutu, dokumen mutu, dan audit mutu. Baku mutu tersebut diadaptasikan ke dalam fungsi-fungsi manajemen bimbingan dan konseling peserta didik. Bidang kegiatan bimbingan dan konseling peserta didik dilengkapi bidang mutu dan diadaptasikan dalam fungsi manajemen. Kelengkapan aspek manajemen pengendalian mutu tersebut, perlu didukung persyaratan lain, yaitu kebersamaan dan komitmen pendidik,memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, memperluas jaringan kemitraan, dan berorientasi kepada pelayanan prima dan kepuasan pelanggan

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:40
Last Modified: 06 Feb 2020 02:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item