Analisis Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Masyarakat dalam Jual Beli Gabah Studi di Amasangang Kabupaten Pinrang

Dwiyanti, Riska (2018) Analisis Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Masyarakat dalam Jual Beli Gabah Studi di Amasangang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full teks)
14.2200.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan jual beli merupakan salah satu aktivitas kehidupan manusia sebagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Islam tidak menghalalkan segala cara dalam jual beli, tetapi juga sangat di perlukan etika. Etika merupakan seperangkat prinsip moral yang membedakan yang baik dari yang buruk dan bersifat normative, ia berperan menentukan apa yang harus di lakukan atau tidak boleh di lakukan oleh individu maupun kelompok.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis datanya yaitu menggunakan teknik trianggulasi.

Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa Sikap penjual dan pembeli di Desa Amassangang Kabupaten Pinrang tersebut telah melakukan transaksi jual beli sesuai dengan etika bisnis Islam seperti, bersikap baik, ramah dan sopan terhadap pembeli. Dalam etika bisnis Islam, sikap semacam ini sesuai dengan prinsip otonom. Proses jual beli gabah dalam pelaksanaannya yaitu penjual memberitahukan atau menawarkannya kepada pembeli atau pembeli datang secara langsung kepenjual. Penentuan harganya atas kesepakatan bersama. Namun dalam proses jual beli gabah masih terdapat kecurangan dan ketidakjujuran dalam bertansaksi. Seperti harga, timbangan, dan keuntungan yang tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Kemudian cara penyaluran gabah kepenggiling di Desa Amassangang Kabupaten Pinrang yaitu, petani menjual gabahnya melalui pengurus gabah sebagai perantara yang telah dipercayakan oleh pembeli atau penggiling gabah. Kegiatan penyaluran gabah di Desa Amassangang dalam penerapan etika bisnis Islam dalam konteks penyaluran sudah diterapkan dengan baik . Hal ini di sebabkan karena penyaluran berjalan lancar, karena adanya pengurus gabah sehingga mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Masyarakat, Jual Beli, Gabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Jan 2020 18:48
Last Modified: 24 Feb 2020 08:11
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item