Ikbal, Ikbal (2019) Strategi Pemasaran Pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Studi di Bank BTN Syariah KCPS Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2300.047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran segmentasi pasar (segmentation), target pasar (targeting), dan posisi pasar (positioning) dalam pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi (KPR BTN Sejahtera iB) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah pada Bank BTN Syariah KCPS Parepare. Strategi pemasaran merupakan suatu strategi perusahaan dalam memasarkan produknya ataupun jasa yang ditawarkan kepada masyarakat/konsumen untuk tercapainya suatu tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu, menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Segmentasi pasar (segmentation) yang digunakan dalam pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi (KPR BTN Sejahtera iB) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah pada Bank BTN Syariah KCPS Parepare adalah dengan penentuan segmentasi berdasarkan segi geografis, demografis, psikografis dan perilaku. 2). Target pasar (targeting) yang digunakan dalam pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi (KPR BTN Sejahtera iB) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah pada Bank BTN Syariah KCPS Parepare adalah Spesialisasi Selektif (Selective Specialiation). 3). Posisi pasar (positioning) yang digunakan dalam pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi (KPR BTN Sejahtera iB) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah pada Bank BTN Syariah KCPS Parepare adalah yaitu penentuan posisi menurut atribut, penentuan posisi menurut manfaat, penentuan posisi menurut penggunaan, penentuan posisi menurut pemakai, penentuan posisi menurut pesaing, penetuan posisi menurut kategori produk, dan penentuan posisi menurut harga dan kualitas. Dan ketiganya telah sesuai dengan teori pemasaran Philip Kotler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, KPR Syariah Bersubsidi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:32
Last Modified: 06 Jan 2020 06:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item