Hafid, Irmayanti (2019) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah BRI Amparita Kab. Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2300.060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan di dunia perbankan yang semakin kuat sehingga bank dituntut untuk melakukan berbagai strategi guna meningkatkan dan mempertahankan nasabah tetap loyal serta menarik nasabah yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang terrdiri dari kepercaayan, komitmen, komunikasi dan penanganan keluhan terahap loyalitas nasabah Bri Amparita Kab. Sidrap dan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif dengan metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan analisis Korelasi antar variabel dan analisis statistic diantaranya: Uji Validitas, Uji Normalitas, Uji T (Parsial), uji F (Simultan) dan serta menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan sampel sebayak 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik Slovin, dengan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji t secara persial bahwa variabel kepercayaan (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,342 > 0,05, variabel komitmen (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,212 > 0,05, variabel komunikasi (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,032 < 0,05 dan variabel penanganan keluhan (X4) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,107 > 0,05. Hasil pengujian uji F bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh secara simultan adalah variabel komunikasi dengan nilai signifikan sebesar 0,032 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Dec 2019 22:18
Last Modified: 03 Dec 2019 22:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item