Analisis Konsep Diri Anak di Luar Nikah Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene

Muthmainnah, Muthmainnah (2019) Analisis Konsep Diri Anak di Luar Nikah Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.3200.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsep diri adalah gagasan tentang diri sendiri yang mencakup keyakinan, pandangan dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri yaitu bagaimana cara kita melihat diri sendiri dan bagaimana kita menginginkan diri sendiri menjadi manusia sebagaimana yang kita harapkan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bermaksud untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang, dan perilaku yang dapat diamati.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian terkait dengan analisis konsep diri anak di luar nikah kecamatan tubo sendana kabupaten Majene. Konsep diri bukan merupakan faktor yang dibawa sejak lahir, melainkan faktor yang dipelajari dan terbentuk dari pengalaman individu dalam berhubungan dengan individu yang lain.Oleh karena itu anak di luar nikah biasanya menjadikan dirinya sebagai individu yang tertutup karena akibat banyak bentuk stigma yang anak dapatkan, anak merubah pola hidupnya menjadi tidak seperti dirinya sendiri terkadang anak suka minder, takut akan sekelilingnya tidak ada penerimaan, terkadang anak hanya merespon bentuk stigma mungkin ini sudah takdir hidupnya sehingga anak tidak bisa berkembang lebih lanjut karena adanya status yang melekat pada dirinya.Faktor yang mempengaruhi pertama adalah keluarga, bahwa hubungan dengan saudaranya tidak terjalin akrab, karena adanya sikap iri dengan saudaranya sendiri dan ia merasa ada perbedaan status dalam keluarga. Adapun faktor kedua adalah lingkungan, yang mencakup beberapa bagian seperti teman sebaya, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Konsep Diri, Anak di Luar Nikah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Nov 2019 18:58
Last Modified: 27 Nov 2019 18:58
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item