Implementasi Model Cozy pada Reza Cafe dan Palekko Kota Parepare dalam Menarik Minat Konsumen (Analisis Manajemen Syariah)

Alim, Rusdiana (2019) Implementasi Model Cozy pada Reza Cafe dan Palekko Kota Parepare dalam Menarik Minat Konsumen (Analisis Manajemen Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15.2200.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan hal mendasar bagi setiap pelaku bisnis untuk mencapai tujuannya. Namun, untuk melakukan serangkaian aktivitas manajemen tersebut harus menerapkan manajemen yang sesuai dengan syariat Islam. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu terkait dengan implementasi model cozy yang dianalisis berdasarkan manajemen syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model cozy, dampaknya dan implementasi model cozy di Reza cafe dan palekko dalam menarik minat konsumen analisis manajemen syariah.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui field research, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun, lokasi penelitian bertempat di Reza cafe dan palekko kota Parepare. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi model cozynya yaitu menggunakan konsep semi outdoor dan semi indoor artinya cafe ini betul-betul memanfaatkan keindahan alam kota Parepare, (2) dampak dari adanya implementasi model cozynya yaitu berdampak positif bagi Reza Cafe dan Palekko dikarenakan dapat menarik minat konsumen dengan dilihat dari suasananya nyaman, tempatnya strategis, desainnya sangat artistik, memiliki view yang cantik dan indah serta memiliki ciri khas yang unik yaitu palekko dan coffee dan dampak yang ditimbulkan dari segi intern maupun ekstern yaitu berdampak negatif bagi Reza Cafe dan Palekko, khususnya dari segi internnya dikarenakan dapat mengurangi minat konsumen yang dilihat dari tidak adanya playground untuk anak-anak, tombol otomatis disetiap meja, karyawan lebih ramah, area parkir kurang memadai, cita rasa produknya tetap dipertahankan, penyajian makanannya lebih ditambah nuansa alam, penghijauannya ditambah dan tata letak sarana duduknya lebih diberikan ruang gerak dan adanya privasi antara customer satu dengan yang lain. (3) implementasi model cozynya dalam menarik minat konsumen itu sebagian sudah terlaksana dengan baik dari segi fungsi manajemen syariah yaitu perencanaan (takht}i>t}h), pengorganisasian (tanz}i>m), penggerakan (tawji>h), dan pengawasan (ar-riqabah). Secara penataan tata ruang yang belum menyeluruh pengaplikasiannya yaitu dari segi tata letak sarana duduknya yaitu bagian dalam terlalu padat atau berdempetan sehingga tidak adanya privasi dan kurangnya ruang gerak bagi konsumen sedangkan bagian lantai bawah juga tidak terimplementasikan karena ingin dibuatkan playground untuk anak-anak, dari segi suara atau musik belum terimplementasi karena soon sistemnya terlalu berisik atau keras dan dari segi pelayanannya itu masih adanya karyawan yang kurang ramah atau bermuka cemberut dalam melayani konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Model Cozy, Cafe dan Manajemen Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Nov 2019 17:50
Last Modified: 24 Nov 2019 17:50
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item