Dinamika Psikologi Ibu yang Bekerja sebagai Guru dan Ibu Rumah Tangga dalam Mengasuh Anak di Kota Parepare

Nabilla, Lola (2018) Dinamika Psikologi Ibu yang Bekerja sebagai Guru dan Ibu Rumah Tangga dalam Mengasuh Anak di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15.3200.070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dinamika psikologi merupakan istilah asing bagi ibu yang memiliki peran ganda atau tidak. Dinamika psikologi terdiri dari tiga komponen yang membentuk diri yaitu kognitif, emosi, dan perilaku. Tidak dapat dipungkiri bahwa ibu yang memiliki peran ganda sering mengalami dinamika psikologi, karena harus membagi peran secara maksimal dengan dua keadaan yang berbeda.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dinamika psikologi ibu yang bekerja sebagai guru dan ibu rumah tangga dalam mengasuh anak di Kota Parepare dan mengungkap faktor-faktor penyebab terjadinya konflik dinamika psikologi ibu yang bekerja sebagai guru dan ibu rumah tangga dalam mengasuh anak di Kota Parepare.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan teknik keabsahan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran dinamika psikologi ibu yang bekerja sebagai guru dan ibu rumah tangga dalam mengasuh anak di Kota Parepare merupakan perubahan kognitif, emosi, dan perilaku. Perubahan yang paling sering terjadi adalah emosi, karena menghadapi dua keadaan, dua peran, dan karakter anak yang berbeda-beda. (2) Faktor-faktor penyebab terjadinya konflik dinamika psikologi ibu yang berkerja sebagai guru dan ibu rumah tangga dalam mengasuh anak di Kota Parepare dapat dibagi menjadi dua klaster. (a) Pemicu yang menimbulkan konflik dinamika psikologi dan solusi terbaik ketika mengalami konflik dinamika psikologi. Ada delapan yang menjadi faktor pemicu terjadinya konflik dinamika psikologi, antara lain: lingkungan sosial, ekonomi, budaya, banyaknya karakter dalam satu kelas, perbedaan pendapat, permasalahan pola asuh, tidak adanya bantun suami di dalam pekerjaan rumah tangga, dan tidak adanya pembagian peran antara suami dan istri. Sedangkan solusi terbaik yang ibu lakukan adalah dengan diam, berpikir positif, dan membuat kondisi psikis dan fisik lebih relaks.(b) Adanya bantuan suami di dalam pekerjaan rumah tangga dan pembagian peran antara suami dan istri. Suami dapat membantu pekerjaan rumah tangga yang dapat dikerjakannya guna mengurangi beban istri dan membagi peran antara suami dan istri guna sebagai bentuk toleransi dan penghargaan dalam ikatan pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dinamika psikologi, guru, ibu rumah tangga, mengasuh anak
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 21 Nov 2019 17:25
Last Modified: 21 Nov 2019 17:25
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item