Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi IAIN Parepare

Irmayanti, Irmayanti (2018) Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14.3200.040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan masa remaja tingkat perubahan dalam bersikap dan berprilaku berkembangan sejajar dengan perkembangan fisik. Dalam perkembangan masa remaja ada dua faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian yaitu, faktor internal yang berasal dari lingkungan keluarga dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sosial atau masyarakat. Secara berangsur-angsur remaja akan bergaul dengan lingkungan sosial dan akan membentuk suatu kelompok teman sebaya sebagai tempat penyesuaiannya. Di mana lingkungan sosial pertemanan merupakan lingkungan pertama seorang remaja belajar untuk hidup dengan orang lain setelah keluarganya, sehingga dari hal ini teman sebaya merupaka salah satu bagian dari lingkungan sosial yang membentuk kepribadian remaja.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi teman sebaya pada mahasiswa jurusan Dakwah dan Komunikasi IAIN Parepare, dan bagaimana peran teman sebaya dalam proses imitasi (tiruan) pembentukan kepribadian mahasiswa jurusan Dakwah dan Komunikasi IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan dalam pengumpulan data menggunakan metode Wawancara, pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penilitian ini yaitu menggunakan teknik analisis induktif, artinya data yang diperoleh dari lapangan secara khusus kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat umum.

Hasil penelitian ini adalah bahwa bentuk komunikasi remaja dalam hal ini mahasiswa jurusan Dakwah dan Komunikasi terjalain dengan baik, baik dari bentuk komunikasi verbal maupun nonverbal. Serta tipe kepribadian koleris, melankolis, phlegmatis dan sanguinis dapat dilihat dari bentuk kepribadian dalam berkomunikasi. Adapun peran teman sebaya dalam proses imitasi pembentukan kepribadian yaitu, teman sebaya berperan sebagai pemberi nasihat, sebagai motivator dan sebagai model. Peran teman sebaya sebagai pemberi nasihat dalam proses imitasi yaitu, teman sebaya memberikan masukan berupa petunjuk, teguran, dan arahan. Peran teman sebaya dalam proses imitasi sebagai motivator yaitu, teman sebaya memberikan semangat, dukungan, dan motivasi, dan peran teman sebaya dalam proses imitasi sebagai model yaitu, teman sebaya sebagai contoh bagi remaja dalam membentuk kepribadian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Komunikasi, Peran Teman Sebaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Afidatul Asmar
Date Deposited: 07 Nov 2019 16:36
Last Modified: 07 Nov 2019 16:36
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item