Pengaruh Emosional Orang Tua terhadap Pembentukan Perilaku Mahasiswa IAIN Parepare Jurusan Dakwah dan Komunikasi.

Harmiati, Harmiati (2018) Pengaruh Emosional Orang Tua terhadap Pembentukan Perilaku Mahasiswa IAIN Parepare Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3200.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dapat dikatakan bahwa pengaruh emosi orang tua akan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa, ketika seorang anak yang perilakunya akan positif, maka akan secara signifikan berpengaruh hubungan antara anak dan orang tuanya. Hubungan yang baik antara anak dan orang tua, akan mampu menjalin komunikasi cara efektif, melakukan pro diskusi dan negosiasi serta membiarkan emosi berproses secara terbuka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh emosi orang tua terhadap pembentukan perilaku mahasiswa IAIN Parepare Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif kuantitatif kolerasional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Emosi merupakan relaksasi dari perasaan dimana emosional yaitu menyentuh perasaan seseorang yang menyertai bagaimana kita mengungkapkan sebuah rasa yang sedang kita alami seperti sedih, bahagia, terkejut, bangga cemburu dan lain sebagainya. (2) Berdasarkan hasil uji pengaruh yang telah dilakukan, maka diketahui bahwa besarnya pengaruh emosi orang tua terhadap pembentukan perilaku mahasiswa yaitu 98,80%. (3) Penelitian yang dilakukan oleh peneliti lebih besar berdampak positif emosional orang tua terhadap pembentukan perilaku mahasiswa yaitu 98,80% dibandingkan yang berdampak negatif 2,20% . Hal ini dapat dibuktikan dengan menganalisis data dari hasil angket yang dipilih oleh 65 responden dengan hasil signifikansi menunjukkan bahwa rhitung= 0,994 >rtabel = 0,244, besar pengaruhnya adalah 98,80% dalam arti bahwa 2,20% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emosi Orang Tua, Perilaku Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Afidatul Asmar
Date Deposited: 05 Nov 2019 22:58
Last Modified: 05 Nov 2019 22:58
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item