Jayanti, Indra (2019) Strategi Guru dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Kualitas pembelajaran PAI SMK Negeri Paku. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
12.1100.085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penerapan Strategi Guru dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Kualitas pembelajaran PAI SMK Negeri Paku Kabupaten Polman. Secara spesifik peneliti merumuskan permasalahan pada Apakah strategi guru dalam mengelolah kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri Paku. Adapun tujuan penelitian ini, agar mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran PAI peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri Paku melalui strategi mengelolah kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi serta dokumentasi. Teknik analisis dengan cara kualitatif untuk analisis hasil observasi dan kuantitatif deskriptif untuk analisis hasil tes belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengelolaan kelas oleh guru dapat meningkatkan keaktifan belajar, Hal ini dapat dilihat dari hasil kriteria penilaian keaktifan siswa pada pra siklus yang aktif hanya 22,86% (8 Siswa), namun pada siklus I meningkat menjadi 51,43%, dan pada siklus ke II yang aktif sangat tinggi mencapai 97,14%. (2) Indikator ketuntasan di siklus I adalah mencapai 34,29% (12 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 68,57% (24 siswa), hasil tersebut telah melebihi standar indikator dalam penelitian ini yakni 80% dari siswa telah memperoleh nilai di atas KKM 70. Dengan mengelolah kelas yang baik maka peningkatkan kualitas dan keaktifan belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pun Turut meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Mengelola Kelas, Kualitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Nov 2019 18:27
Last Modified: 04 Nov 2019 18:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item