Implementasi UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Relasi Terhadap Pelaku Usaha Jual Beli Motor Bekas di Parepare)

Musniyarda M, Musniyarda M (2018) Implementasi UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Relasi Terhadap Pelaku Usaha Jual Beli Motor Bekas di Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.2200.200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Relasi Terhadap Pelaku Usaha Jual Beli Motor Bekas di Parepare. Alasan pemilihan lokasi ini karena di Parepare terdapat pelaku usaha yang menjual motor yang tidak sesuai harga dan kualitasnya atau terkadang ada cacat tersembunyi sehingga dapat merugikan konsumen.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan yuridis empiris dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa 1) Bentuk pelaksanaan kegiatan pelaku usaha dalam melakukan jual beli motor bekas di Parepare, sesuai rukun dan syaratnya dalam Islam, memberikan informasi yang jujur kepada konsumen merupakan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bersama berdasarkan hasil wawancara dari beberapa pelaku usaha. 2) Pengawasan pelaku usaha jual beli motor bekas di Parepare, para aparat dalam mengimplementasikan undang-undang tersebut tetap melakukan pengawasan bahkan pencegahan agar masyarakat tidak merasa dirugikan namun pada saat ini belum ada pengawasan yang dilakukan kepada pelaku usaha jual beli motor bekas di Parepare. 3) Implementasi UU No.8 tahun 1999 berdasarkan konsep Ekonomi Syariah, dalam mengimplementasikan suatu kebijakan diperlukan adanya komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, struktur organisasi yang ikut serta tetapi perlu adanya juga pelaku usaha yang menaati peraturan dan menperhatikan hak/kewajibannya sebagai pelaku usaha, begipun dengan konsumen harus mengetahui hak dan kewajibannya serta dibarengi dengan keimanan dan sesuai konsep ekonomi syariah untuk mencapai kemaslahatan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Perlindungan Konsumen, Pelaku Usaha, Jual Beli, Ekonomi Syriah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Oct 2019 22:48
Last Modified: 22 Oct 2019 22:48
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item