Strategi dakwah terhadap remaja pecandu minuman keras di Desa Salutambung Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene

Bahtiar, Bahtiar (2018) Strategi dakwah terhadap remaja pecandu minuman keras di Desa Salutambung Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3200.048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan sebuah taktik yang ingin diterapkan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Dakwah merupakan ajakan kepada perbuatan baik dan beriman kepada Allah swt. Sehingga Strategi dakwah merupakan sebuah perencanakan program dakwah dalam upaya penyampaian dakwah kepada mad’u untuk mencapai suatu tujuan dakwah. Dalam duni dakwah,strategi meupakan kunci dari keberhasilan suatu dakwah yang disampaikan kepada para mad’u.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta dalam pengumpulan data menggunakan tekhnik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Subyek dalam penelitian ini adalah remaja pecandu minuman keras, da’i, orangtua, remaja dan para tokoh yang ada di masyarakat

Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di desa Salutambung bahwa Problem yang terjadi di masyarakat desa Salutambung akibat tindakan para remaja pecandu minuman keras adalah banyaknya masyarakat yang dirugikan. Ada beberapa penyimpangan yang dilakukan oleh para pecandu minuman keras yang merugikan masyarakat setempat diataranya : (1) perkelahian atau tawuran yang meresahkan masyarakat setempat, (2) perusakan fasilitas masyarakat seperti pelemparan rumah masyarakat setelah para remaja mengkonsumsi minuman keras, (3) pengambilan atau pencurian barang masyarakat setempat oleh para pecandu minuman keras dan peneliti melihat bahwa. strategi dakwah yang digunakan oleh da’i di desa salutambung, terbagi jadi dua yaitu: 1) pendekatan seni Hadro yang meliputi beberapa unsur dan pembinaan, 2) bimbingan agama melalui majelis ta’lim. Yang meliputi beberapa pembinaan keagamaan. Kedua strategi yang digunakan oleh da’i di desa Salutambung, merupakan strategi sentimentil dan strategi rasional. Strategi rasional merupakan strategi yang memfokuskan aspek hati dan persaan serta batin mitra dakwah. Strategi rasional merupakan strategi yang memfokuskan pada aspek akal pikiran. dakwah yang telah diberikan dengan strategi sentimental dan strategi rasional yang di aflikasikan dengan baik telah mampu merubah para remaja pecandu minuman keras untuk meninggalkan prilakunya yang tidak baik serta beriman kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah, remaja, pecandu, minuman keras
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Oct 2019 19:20
Last Modified: 22 Oct 2019 19:20
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item